Foto Saya

Subscribe now!My Feed

Minggu, 24 Juli 2011

Komentar reply ala wordpress di blogspot

30 comments

Jika sobat termasuk rombongan bloger yang ber-label blogspot dalam benak sobat pasti muncul satu pertanyaan, sampai kapan blogspot mempertahankan kolom komentar yang terkesan jadul ? Apakah bloger akan bernasib sama dengan friendster yang turun kepopuleran gara - gara munculnya facebook?

Saya juga tidak habis pikir mengapa platform sebesar Blogspot yang notabene dalam asuhan raksasa internet Google tak kunjung memperbaiki fitur2nya. Terutama pada fitur kolom komentar yang terbilang klasik. Hal ini membuat rasa penasaran saya, bisakah kolom komentar bloger dimodifikasi layaknya wordpress? Entah berapa situs yang sudah saya kunjungi untuk sebuah tutorial reply comment, hasilnya selalu nihil. Beberapa tutorial reply comment bloger yang saya baca berbeda dengan reply komentar wordpress yang dinamis, dimana komentar reply selalu berposisi pas dibawah komentar yang di reply.   
Meski begitu tidak menyurutkan niat saya untuk mencari tutorialnya. Hingga tiba tiba seorang teman yang tidak jelas asal usulnya mengirim pesan via facebook kepada saya. Isinya sebuah alamat blog serba ada yang didalamnya juga menjelaskan lengkap tentang reply komentar blogspot. Tanpa pikir panjang saya langsung menuju TKP. Walhasil setelah melalui proses panjang dan dengan bantuan seorang teman, akhirnya komentar di blog mascoro sekarang berganti tampilan menggunakan fitur reply yang bisa saling balas layaknya wordpress.

Berikut screenshotnya 
Kolom komentar

mascorokolomkomentar
Hide yang diatas untuk menyembunyikan isi komentar
dan yang dibawah untuk menyembunyikan ID komentar
Gambar by mascoro.blogspot.com

Kotak komentar ini sedikit berbeda seperti pada umumnya. Setiap komentar akan di beri Id komentar seperti gambar dibawah ini.

idkomentar
Untuk mengetahui Id komentar yang akan di reply klik tulisan "lihat id komentar"

Id komentar digunakan hanya untuk mempermudah membalas komentar. Formatnya seperti gambar dibawah ini

melihat
 klik tulisan "lihat id komentar" untuk melihat id komentar

hasilnya akan muncul seperti gambar di bawah 

balasan
Balasan komentar mascoro terlihat agak menjorok ke kanan
inilah yang saya maksud ala wordpress... :D

Meski tempilannya tidak se-keren wordpress dan juga bukan buatan saya sendiri namun  sudah cukup puas bagi saya ternyata komentar bloger juga bisa berasa wordpress. Semoga bloger akan tetap eksis dan menambah fitur-fiturnya disela persaingan yang semakin ketat.

Pesan : Jika sobat bloger ingin mencoba fasilitas replynya, silahkan komentar suka - suka (komentar sendiri bales sendiri :D).
Dan jika butuh tutorialnya silahkan menuju TKP alamatnya di http://shamsmi.blogspot.com/2008/07/threaded-comments-in-blogger.html (diperlukan pengetahuan tentang HTML dan CSS untuk membuatnya lebih baik)

Semoga bermanfaat.

+ Tambah komentar
Comments
30 comments
Cobalah menggunakan RSS Feed. Dengan begitu update terbaru akan masuk melalui akun anda secara otomatis
mabrurisirampog mengatakan...

nyoba dulu.. :D

mabrurisirampog mengatakan...

@1840402283690083114.0
tesss

Masbro mengatakan...

Iya bisa kok pake kolom reply di blogspot. Tapi harus menggunakan pihak ketiga. Biasanya menambahkan script..

Erwin mengatakan...

@ 5188697117391726511.0
tes. :D

Erwin mengatakan...

Posting ini telah dihapus oleh penulisnya.

Erwin mengatakan...

Salam kenal buat empunya blog. :D

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

Saya gak mengerti pake wordpress, udah pewe sama blogspot B)

rieztokho mengatakan...

Agak ribet juga yaa...untung saya Blogger wordpress

Fiction's World mengatakan...

owh :O keren nih :D mau mau mau .... mau nyoba juga y :d

Fiction's World mengatakan...

@667673013455651735.0

tapi tetep musti copy paste dulu ya gg otomatis :( tapi lumayan sih :D

Henny FM Harahap mengatakan...

ini sih sudah lama taunya sob. malea makenya, agak ribet juga yang kasih komen...

thaniks udah berkunjung...

Kalo bisa kolom komentarnya ada pilihan url & nama

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

tapi tidak sesimple wordpress ya :)

Blog Template mengatakan...

@3126530995897763707.0

Iya saya baru tau.... maklum

Blog Template mengatakan...

@856149940127545409.0

Wah saya telat baru tahu.....hehe malkum kang....

Blog Template mengatakan...

@178099834383312068.0

Iya mbak jauh lebih keren wordpress

Merliza mengatakan...

nah ini yang saya butuh.. soalnya dulu pernah saya pake.. tapi munculnya reply kita gak tepat di bawah orang yang kita tuju... kalau yg satu ini seperti yang saya maksudkan mas??!?! boleh di coba ini :) makasih mas :) saya bookmark dulu :)

Merliza mengatakan...

mas.. tolong di buat sekalian tutornya pake bhasa yang paling mudah mas (:P banyak mau nya nih..)

soalnya barusan saya baca.. dan test.. ternyata jadi berantakan.. huehehehe... maklum saya gk ngerti bahasa yang berat2.. :(

Sofyan mengatakan...

coba ini ya....

Sofyan mengatakan...

@2016702231159717670.0
twing,,,,,,,

Sofyan mengatakan...

@8106377705072513567.0

Asyikkkkkkk berhasillllllll tengkyu Mas Coro

Blog Template mengatakan...

@5055836498863258449.0
berantakan gimana?

Saiful mengatakan...

Posting ini telah dihapus oleh penulisnya.

Sukadi mengatakan...

kepingin blogger punya terobosan buat komentar seperti wordpress, tapi kelihatannya sulit terwujud.
Kalau yang seperti ini bisa mendekati seperti komentar di wordpress, tapi sedikit agak ribet hehe..
Terimakasih Mas :)

Amdhas mengatakan...

@1974426354218190681.0
udah lama juga gua ga pakai blogger..gua mau coba reply..

Blog Template mengatakan...

@1647313643147357768.0
seeeeepppp

Blog Template mengatakan...

@1974426354218190681.0
ribet gmn om?

Nia mengatakan...

wahh kayaknya agak ribet yachhh...apa karena belum terbiasa aja kali yachhh

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

Sob kalo bikin blogspot versi mobile dengan mengubah alamat url dengan m(dot)shudaiajlani(dot)com

Bisa gak sob bagi tutorialnya B)

Blog Template mengatakan...

@6355277830060144661.0

Yang saya tahu itu pake domain sob....tapi coba deh googling lagi...

Jacky mengatakan...

@5088356601185746694.0
coba liat

Posting Komentar