Foto Saya

Subscribe now!My Feed

Rabu, 13 Maret 2013

Perlawanan Buruh Tani Kabupaten Jember

2 comments

Perlawanan Buruh Tani
Gambar punyak'e koran-jakarta.com
Perlawanan Anas pada SBY sejalan dengan gaya perlawanan buruh tani pedesaan.
Para petani kaya yang seenaknya mengupah atau memberi makan pada buruh tani, yang mana, jika upah dan makanan tersebut masuk kategori kurang layak, maka, bentuk pelampiasan kekecewaan buruh tani tidak akan berupa protes terbuka namun dimainkannya dalam bentuk gosip.

Para buruh tani tahu dan sadar, kerugian besar akan ditanggungnya jika perlawanannya dilakukan secara terbuka. Melawan kaum petani kaya tidak bisa berupa langsung dan terbuka, karena perlawanan semacam ini akan mudah dipatahkan. Perlawanan paling memungkinkan bagi si buruh tani yang terkecewakan, adalah dengan mengolahnya menjadi senjata penyebutan yang bernada negatif, mendiskriditkan, membuat cerita melebih-lebihkan kesewenang-wenangan petani kaya itu, setelah itu dengan diam-diam, perlahan tapi pasti, kemudian senjata gosip itu dilemparkan di arena pertandingan gosip keluarga, diedarkan antar kekerabatan, lalu antar kaum buruh tani, sampai akhirnya bak bola salju, benar-benar menggelinding ketengah-tengah arena pertandingan gosip menjadi senjata yang mematikan bagi petani kaya.

Jika itu tidak cepat di antisipasi dan diatasi, gosip akan cepat berubah menjadi rahasia umum desa. Akibatnya bagi petani kaya yang terkena gosip, dia akan kesulitan mendapatkan tenaga buruh tani pada masa tanam tiba. Kalau pun ada, si buruh tani akan meminta upah yang relatif tinggi. Bukan hanya materi kerugiannya, tapi prestasi-prestasi sosial; seperti menjadi haji, rajin sholat, tekun bekerja, dll, akan menjadi musnah makna positifnya. Secara kekuasaan pun, petani kaya tersebut, posisi tawarnya menjadi bernilai rendah.



+ Tambah komentar
Comments
2 comments
Cobalah menggunakan RSS Feed. Dengan begitu update terbaru akan masuk melalui akun anda secara otomatis
eko priyo kusdiyanto mengatakan...

doktertani.blogspot.com

Obat Batuk Anak Herbal mengatakan...

Mungkin kalau tidak ada uang , banyak orang jadi petani
Obat Batuk Anak Herbal Alami

Posting Komentar