Foto Saya

Subscribe now!My Feed

Senin, 11 Juli 2011

Memandang makna sebuah do'a

12 comments

Foto Sumber: http://adf.ly/478777/sumberfotomascoro


"Jika kamu ingin sukses bekerja keraslah dan jangan lupa berdo'a" apakah sobat setuju?Banyak orang yang mengungkapkan pendapat seperti itu kepada saya namun saya masih ragu tentang makna yang terkandung didalamnya!!

Hati adalah sumber dari segala kesuksesan tanpa adanya hati manusia tidak akan bisa berbuat apa apa layaknya mayat hidup. Apapun yang terjadi pada dirinya seakan pasrah tak berdaya. Tak pernah bisa merasakan suka ataupun duka. Ini sama halnya seseorang yang mengalami kekosongan makna dalam hidupnya.
Apapun yang akan terjadi seakan menganggap biasa biasa saja tanpa aksi ataupun reaksi. Maka berbahagialah orang orang yang masih punya makna dalam hidupnya. Cirinya adalah seseorang yang labil atau yang masih punya rasa sakit hati jika sedang disakiti. Karena dalam suasana sakit, kepepet ataupun bingung menjadi sebuah dorongan untuk melakukan sesuatu dimana titik kepasrahan hati berada diruang paling dalam dan diruang itulah waktu yang paling tepat untuk mengasah kecerdasan spiritual.

Berapa banyak orang yang lupa berdo'a jika kondisi hatinya sedang suka, namun semua orang akan panik dan gelisah ketika kondisi dirinya sedang terancam atau terdesak sehingga dampaknya adalah keluarnya kata - kata dalam mulutnya yang memohon supaya dirinya di bebaskan dari segala kesulitan atas apa yang akan dia capai itulah yang disebut do'a. 

Tapi apakah itu adalah makna doa sebenarnya? menjadi 'pengemis' hanya untuk memenuhi keinginannya?dan apakah Tuhan suka seseorang yang hanya berdoa untuk mencapai sebuah hasrat dalam dirinya? Tentu hanya Tuhan yang tau!!

Jika berbicara tentang ilmu kepasrahan hal ini sungguh tidak disarankan, berdo'a dengan makna menyuruh Tuhan untuk memudahkan semua apa yang menjadi penghalang demi tercapai sebuah keinginan. Sayapun merasa setiap kali berdo'a adalah sebuah penyuruhan terhadap Tuhan sehingga seakan saya lah Tuhannya dan Tuhan adalah pesuruh saya. Apakah ini pantas di lakukan seorang mahkluk terhadap Tuhannya?

Berdo'a adalah sebuah anjuran dari yang mulia Rosulullah namun sadarilah bahwa berdo'a adalah sebuah perintah untuk kita selalu ingat bahwa kita hanya sebuah ciptaan Tuhan. Dan berdo'a lah setiap kali, apapun kondisinya suka ataupun duka, susah ataupun gelisah tanpa berharap untuk dikabulkan. Karena saat kita melakukan sesuatu kegiatan, tanpa dasar dan keinginan apapun meski dibarengi dengan berat hati, maka di situlah letak ketulusan dan keikhlasan hati yang sebenarnya. 

Semoga sebuah tulisan yang sederhana ini bisa memberi makna yang lebih di hati sobat sekalian.

Assalamualaikum.... 

+ Tambah komentar
Comments
12 comments
Cobalah menggunakan RSS Feed. Dengan begitu update terbaru akan masuk melalui akun anda secara otomatis
Lidya - Mama Pascal mengatakan...

berdoa tiap saat itu wajib ya

Susindra mengatakan...

Berdoa dan berusaha wajib hukumnya.

pendarbintang mengatakan...

Yang bagus ema ng dalam keadaan apapun membeiasakan diri untuk berdo'a tanpa menunggu sedang kepepet, dan lagi selalin berdo'a kita harus berpositive thinking pada-Nya, harus yakin kalau do'a kita didengar.

He he he he, saya sih selama ini percaya do'a :)

fitrimelinda mengatakan...

do'a harusnya slalu kita ucapkan dalam kondisi apa pun..tapi tak jarang kita slalu lupa untuk berdo'a disaat dalam keadaan senang..

ysalma mengatakan...

Berdoa sebuah kebutuhan bagi setiap makhluk ciptaan-Nya.
Apalagi kita manusia yang punya banyak mau ya.

duldul mengatakan...

usaha tanpa doa, sombong.
doa tanpa usaha KOSONGGGG...............!!!!!!!!!!!!!!! ya nggak..??

Masbro mengatakan...

Doa adalah sumber keyakinan, dan keyakinan adalah sumber kekuatan..

uci cigrey mengatakan...

doa itu salah satu senjata manusia sih :D

pakde sulas mengatakan...

kebanyakan dari kita akan berdoa memohon kepada Tuhan jika mendapat kesulitan atau kesusahan, jika kesulitannya sudah teratasi kita akan lupa lagi kepada Tuhan

Ami mengatakan...

semua yang kita ucapkan adalah do'a... hati-hati bicara

Lyliana Thia mengatakan...

Berdoa itu lebih karena kebutuhan hambaNya ya... kepada siapa lagi mencurahkan suka dan duka kalau bukan kepada Tuhan? :-)

halobro mengatakan...

doa and action ya bro.. sip artikelnya. link Anda sdh sy pasang jg, tengok deh. tks

Posting Komentar