Foto Saya

Subscribe now!My Feed

Kamis, 07 Juli 2011

Seni menulis

17 comments

Blogging, adalah salah satu penyebab terevolusinya gaya hidup kita hari ini dan kemungkinan menulis di blog tampaknya tak ada habisnya. Blog telah menjadi media kita berekspresi dan tampak seolah tidak ada yang kita lakukan tanpa ngeblog dan ngeblog. Blog juga telah menjadikan kita sebagai manusia paling teliti dalam membaca kejadian atau aktivitas sehari - hari. Dari aspek yang terkecil hingga paling menarik dalam hidup.

Ngeblog bahkan tidak membutuhkan pengetahuan teknis untuk mendapatkan dan menjalankan sebuah blog. Siapapun bisa ngeblog asal mau!! hehe itu lah sedikit ungkapan tentang bloging.
Bloging hanya membutuhkan sketsa di pikiran sobat dan dengan informasi kualitatif atau sekedar hal yang unik. Sobat bahkan dapat memperoleh uang sampingan hanya dari ngeblog bisa berupa dari iklan atau pun kompetisi penulisan artikel. Tetapi untuk membuat blog sobat produktif, tentunya membutuhkan antusiasme yang tinggi dari pemilik blognya sendiri dan ukiran kontent menarik didalamnya. Sobat pasti tahu bahwa konten adalah mesin lalu - lintas pengunjung paling baik yang dimiliki bloger dan lalu - lintas pengunjung adalah darah seorang bloger.

Semakin banyak pengunjung yang mencari konten sobat semakin menciut pula angka nyonya alexa  maka dampaknya akan semakin banyak pengiklan yang ingin menampilkan produknya di blog sobat. Tapi untuk menjadikan konten yang lebih baik merupakan pekerjaan yang tidak mudah, salah satu kuncinya sobat harus fokus untuk menulis.

Meski saya bukan seorang penulis blog handal namun sedikit saya akan berbagi sesuatu yang saya dapat dari sebuah perenungan saya berhari hari belajar menulis. Tidak ada salahnya untuk mencobanya.
Ok deh ketimbang berlama lama cerita, langsung saja kita brangkat... :D

1. Riset dan Riset 
Jika sobat tidak percaya diri tentang menulis sesuatu yang membutuhkan informasi, internet adalah jawabanya hal ini yang saya lakukan ketika saya tidak punya bahan apapun untuk di tulis yaitu dengan mencari sebuah artikel yang bernilai informatif dan mengumpulkan beberapa yang penting untuk dicetak. Saya buat draft dan sketsa. Kemudian ketika saya menulis yang sebenarnya, saya mencoba memasukkan poin poin pentingnya dengan bahasa saya sendiri.

2. KISS teknik 
Bukan mencium tapi  KEEP IT SHORT AND SIMPLE, artinya sobat harus menjaga tulisan supaya menjadi simpel pendek dan bermakna. Tulisan panjang sobat mungkin membuat para pembaca bosan sangat mungkin mereka akan membaca hanya kesimpulan di akhir paragraf saja untuk berkomentar.

3. Pribadi yang menarik 
Jika sobat menambahkan kisah pribadi pada artikel, buat supaya artikel sobat bisa mengajarkan sesuatu yang baru atau berisi fakta menarik.

4. Judul 
Seperti banyak yang bilang kepada saya bahwa judul adalah sesuatu yang paling melekat ketika pengunjung membaca artikel dari awal hingga akhir. Jadi jangan pernah ragu untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk menentukan sebuah judul yang terbaik dan cocok untuk postingan sobat.

5. Semakin banyak di edit semakin baik 
Ketika selesai menulis saya biasanya akan menyimpannya dahulu 2-3 hari sebelum di publis. Dalam 2-3 hari itu saya lakukan blogwalking jalan jalan ke blog teman sembari membaca & mengedit apa yang sudah saya tulis tadi. Saya melakukannya berkali kali, semakin banyak yang di edit akan semakin baik dari saat saya selesai menulis pertama.

6. Final Proofreading 
Tata bahasa, informasi dan ejaan adalah sesuatu yang terpenting dalam sebuah artikel atau tulisan, baiknya tata bahasa dan ejaan bisa dimengerti para pembaca maka jangan terburu buru untuk mempublisnya.

Ingatlah bahwa popularitas, reputasi, volume lalu lintas pengunjung dan kesuksesan Sobat sebagai seorang blogger salah satunya bergantung pada bagaimana Sobat menulis dan mengukir isi sebuah tulisan. Namun pada intinya sebuah tulisan yang baik adalah tulisan yang bisa dimengerti pembacanya sekaligus pesan yang ada didalamnya.

Semoga tips diatas menjadi refferensi hari hari sobat bloger yang lebih baik.

Salam hangat

+ Tambah komentar
Comments
17 comments
Cobalah menggunakan RSS Feed. Dengan begitu update terbaru akan masuk melalui akun anda secara otomatis
Lidya - Mama Pascal mengatakan...

thanks tipsnya smoga berguna juga untuk saya dan lainnya

pakde sulas mengatakan...

pakde sangat setuju dengan semua paparannya, hanya saja pakde mengingatkan jangan pernah kita "berkutat" dengan kualitas dari tulisan kita, karena yang tahu tentang kualitas tulisan kita hanyalah pembaca kita, jadi yang penting bagi kita berusahalah untuk "memberi nilai lebih" pada pembaca kita.

Blog Template mengatakan...

@Lidya : amiin..
@pakde : Waduhhh....seeep pakde itu yang belum saya tuliskan trims

Abi Sabila mengatakan...

Tulisan yang simpel, pendek dan bermakna. Ini dia nih yang harus saya pelajari lagi.

Ami mengatakan...

Ijin follow ya. Saya banyak belajar dari Mas Darin, Darinholic.com tentang motivasi menulis dan ngeblog yang baik. Sekarang ada yang nulis tentang metoda menulis. Sebetulnya sih saya belajar nulis apa adanya nanti kebentuk sendiri kok...

mabrurisirampog mengatakan...

makasih banget nih tips2nya,,
semoga bisa diterapkan, sehingga akan menghasilkan tulisan yang berkualitas...
salaam

Blog Template mengatakan...

@abi : cara penulis belajar ya menulis :D
salam hangat bi

@ami : silahkan mbak semoga persahabatan dapat terjalin

Blog Template mengatakan...

@mabrurisirampog: semoga saja mas... :D

Masbro mengatakan...

Kebingungan saya masih sama, poin 4 alias nggak pinter bikin judul haha..

Salam Lestari..

fitr4y mengatakan...

trimakasih infonya,, akan aku ikuti langkah2 ini,,

salam :)

pendarbintang mengatakan...

haiiittsss...rasanya tulisan saya gak layak publish, heh e he
Lawong saya nggak pernah ngedit sampai beberapa kali, he he he he

Bikin judul juga gitu,,,,rada bingung, selalu bikin artikel dulu baru judul :D

Blog Template mengatakan...

@mas bro : hehe aku aja sak karepan mas....
@Mbak Fitr4y : Yup mari melangkah pegangan ya jangan pek jatooohh hehehe...
@pendarbintang : kita sama mbak saya juga nulis judul belakangan :D

Yus Yulianto mengatakan...

yang paling susah tuh menurut saya memberi judul tulisan. takut ga nyambung sama isi.

Masbro mengatakan...

Inguk inguk maneh, berharap ada tulisan baru hehehe.. Kalau ada yang terbaru, kabar2 ya..

rizal mengatakan...

mantao sob...saya setuju dngan yang semakin banyak diedit semakin mantap...

lam kenal

Blog Template mengatakan...

@masbro : oh ya di list aja di daftar agregator mas (hehe ngarep) makasi nih motivasinya.
@rizal :Salam kenal balik sob

asopusitemus.com mengatakan...

Sip! Yang penting terus menulis! :D

Eh, tapi nulisnya jangan disingkat-singkat ya. :)

Posting Komentar